Tags

, ,

img_20160305_102942.jpg

Euphoria 9 – Hajatan tahunan OSIS SMA Negeri 9 Bandar Lampung

Hari ini saya mendapatkan kehormatan untuk menjadi juri di SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Sebenarnya saya diutus oleh kampus Teknokrat untuk memenuhi undangan menjadi juri Desain Blog. Ini bukan pertama kali saya menjadi juri dalam urusan blog. Sejak 2010 saya sering didapuk menjadi juri desain blog di setiap ajang dalam kampus. Cuma kali ini saya menjadi juri di sekolah menengah. Oke, ini benar-benar pengalaman pertama.

Lomba hari ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari beberapa sekolah menengah atas di wilayah Bandar Lampung dan sekitarnya. Desain blog memang menjadi salah satu materi yang diajarkan di sekolah menengah saat ini. Jadi, lomba desain blog antarsiswa SMA sudah tidak asing lagi. Begitu juga buat OSIS SMA Negeri 9 Bandar Lampung yang menyelenggarakan lomba ini. Urusan lomba tentu ada menang dan kalah. Tetapi hal yang paling penting adalah semangat lomba itu sendiri. Lomba bukan untuk gagah-gagahan jika menang, dan bukan untuk dipermalukan jika kalah. Justru lomba itu butuh semangat sportivitas, kejujuran, dan kerendahan hati. Hal itu menjadi kriteria saya dalam melakukan penjurian hari ini. Sekalipun ada formulir penilaian yang formatnya sudah diatur oleh panitia, tetapi semangat tentang lomba harus ditularkan.

img_20160305_102209.jpg

Peserta lomba desain blog yang sedang serius #semangat

Kalau berbicara tentang lomba blog, kita harus tau kalau blog itu berurusan dengan konten. Konten yang baik akan membuat blog menjadi baik dan diminati. Begitu juga sebaliknya. Tetapi konten saja tidak cukup karena ada faktor teknis yang juga menunjang konten blog. Salah satunya adalah desain blog yang menarik. Kalau bicara masalah menarik, bisa saja multi-tafsir. Kalau kita menyasar audiens atau pembaca dari kalangan tertentu, desain harus sesuai dengan selera mereka. Tetapi kalau kita fokus pada konten yang dapat dibaca oleh khalayak umum, desain blog harus mengikuti pakem umum yang digunakan. Tentu kita akan sangat tergantung pada selera umum yang cenderung subjektif. Contohnya saya. Saya punya selera terhadap desain blog yang sederhana. Menarik itu sederhana dan tidak berlebihan. Pemilihan warna tentu jadi faktor yang kritis. Warna norak atau terlalu tajam akan membuat mata mudah lelah saat membaca. Makanya hampir semua blog populer tidak menggunakan warna yang tajam. Saya kira kawan paham maksud saya.

img_20160305_102316.jpg

Dari sudut pandang tertentu

Oh ya, kalau lomba tanpa pengumuman pemenang tentu kurang afdol. Sayangnya panitia tidak memperbolehkan saya mengumumkannya di sini karena hari minggu besok (6/3/16) akan diumumkan saat puncak acara Euphoria9. Okelah tidak apa-apa, tetap saja saya ingin mengucapkan selamat kepada pemenang lomba. Semoga kemenangan mereka tidak berhenti sampai di sini saja. Semoga semangat mereka untuk membuat blog tetap terjaga. Kita butuh banyak konten baik. Semoga tetap konsisten menulis atau mem-posting artikel yang berkualitas. Sulit, tetapi bisa diusahakan. Itu aja sih.

