Tags

, , , ,

019

Makanan apa yang paling enak se-dunia? Kawan semua mungkin akan mengatakan Rendang dari Padang. Yak, siapa yang tidak tau dengan masakan dari daging sapi yang enak ini? Hampir semua orang Indonesia suka dengan Rendang, termasuk saya. Rendang bisa terkenal karena rumah makan Padang sepertinya ada di mana-mana. Masakan Padang telah melakukan invasi besar-besaran ke seluruh pelosok negeri, bahkan ada juga di luar negeri. Makanya banyak orang Indonesia yang menyukai masakan Padang, terutama Rendang.

rendang-padang

Rendang Daging, sumber: http://masteresep.com/

Masakan Padang bukan hanya Rendang. Ada Dendeng Balado, Kepala Ikan Asam Padeh, Cincang, dan banyak lagi. Saya termasuk orang yang senang makan di rumah makan Padang. Ada beberapa rumah makan Padang yang terkenal di Indonesia karena cabangnya ada di beberapa kota, seperti RM Sederhana, RM Simpang Raya, RM Garuda, dan RM Begadang. Kalau yang terakhir ini terkenal di Bandar Lampung. RM Begadang merupakan favorit saya selain RM Simpang Raya. Kalau harga, jangan ditanya. Mahal. Makan di rumah makan yang saya sebutkan ini lebih baik sebulan sekali atau paling tidak seminggu sekali lah. Kalau tidak nanti tekor, hehehe. Kalau banyak duit sih, itu tempat yang paling mantap untuk menyantap menu masakan Padang.

Masing-masing rumah makan Padang yang saya sebutkan punya cita rasa khas, sekalipun bumbu mereka langsung didatangkan dari Sumatera Barat. Saya suka Rendang di Begadang, Kepala Ikan Asam Padeh di Simpang Raya, dan Ayam Pop di Garuda. Saya belum pernah ke Sederhana, jadi belum tau citarasanya. Bukan karena mereka yang paling mahal di antara yang lain, tetapi jarak salah satu cabangnya jauh dari rumah saya. Kalau di Bandung sih lebih dekat, tapi saya harus berhemat di sini karena masih berstatus “pengangguran terselubung”. Hehehe. Kalau masalah rasa sih murni subjektivitas saya sebagai penikmat masakan Padang.

Rumah makan Padang bukan hanya yang saya sebutkan tadi. Masih banyak rahasia citarasa masakan Padang yang tersembunyi di balik warung kecil sepanjang jalan. Misalnya ada rumah makan Padang yang tidak terlalu besar di Jalan Dipatiukur Bandung. Masakannya juga tidak kalah dengan rumah makan Padang yang sudah terbilang besar. Jadi, pada antara masakan Padang satu dengan lainnya punya keunikan tersendiri. Tentu ini karena masing-masing nenek moyang dari Padang mewariskan teknik dan bumbu rahasia mereka.

Lalu, ada pertanyaan kenapa rumah makan Padang bisa tersebar di mana-mana? Salah satu alasan kuat adalah budaya Merantau. Ketika seorang pemuda Minang sudah sampai pada umur mendekati 20 tahun, biasanya mereka akan mengambil keputusan untuk berkelana keluar dari kampung halaman mereka. Tapi, bukankah banyak etnis lain yang punya budaya Merantau seperti etnis Minang? Ya, tapi mereka punya keahlian default, yaitu memasak masakan Padang. Hampir semua orang Padang tau cara mengolah masakan khas mereka. Entah kalau sekarang, apakah anak Minang masih Merantau? Selain memasak, orang Padang juga pintar berdagang. Maka jangan heran ketika di pasar-pasar besar di beberapa kota Indonesia diisi oleh orang Padang. Ini bukan stereotip, tetapi berdasarkan hasil pengamatan saya. Inilah keunggulan anak Minang.

rm padang

Cara penyajian di rumah makan Padang, sumber: kaskus.co.id

Ada satu lagi keunikan rumah makan Padang. Sekalipun setiap rumah makan Padang tidak dalam satu jaringan bisnis besar, cara mereka menyajikan makanan semuanya sama. Cobalah lihat cara para pelayan membawa piring-piring kecil di lengan mereka. Coba lihat juga cara mereka membungkus makanan, atau menatap hidangan di etalase. Sepertinya ini adalah pakem rumah makan Padang. Jika tidak seperti itu, maka hilanglah nuansa Padang-nya. Ini sih subjektif dari pengamatan saya. Hehehe.

Advertisements